ANEUK PIJAY

ANEUK PIJAY
M45YKUR

Rabu, 26 Januari 2011

KEPEMIMPINAN DALAM KEPENDIDIKAN

KEPEMIMPINAN DALAM KEPENDIDIKAN

A. PENDAHULUAN
Kepemimpinan, sebagaimana yang telah dibahas pada bagian terdahulu merupakan bagian yang penting dari administrasi/manajemen, bahkan dapat dikatakan sebagaimana inti dari motor penggerak dari manajemen. Sehingga dapat dikatakan keberhasilan seseorang dalam melaksanakan administrasi/manajemen sangat ditentukan oleh kepemimpinannya.
Pemahaman tentang kepemimpinan ini sangat berguna bagi tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas nantinya baik sebagai bawahan/anggota maupun sebagai pimpinan sendiri.

B. MATERI
1. Pengertian kepemimpinan pendidikan
Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempenggaruhi perilaku orang lain untuk berfikir dan berperilaku dalam rangka perumusan dan pencapaian tujuan organisasi di dalam situasi tertentu. Kalau dikaitkan dengan kata pendidikan sesudah kepemimpinan, menunjukkan bahwa lingkup kepemimpinan tersebut adalah pada bidang pendidikan. Kata pendidikan menunjukkan arti yang dapat dilihat dari dua segi:
• pendidikan sebagai usaha atas proses mendidik dan mengajar seperti yang dikenal sehari-hari.
• Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan yang membahas berbagai masalah tentang hakekat dan kegitan mendidik dan mengajar.
Kepemimpinan pendidikan sebagai “suatu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinir, dan mengerakkan orang lain yang ada hubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran agar supaya efisien dan efektif didalam mencapai tujuan pndidikan dan penggajaran.
Dari defenisi diatas tergambar unsur-unsur pokok dari kepemimpinan itu adalah:
1. Pemimpin
2. Yang dipimpin
3. Adanya proses mempengaruhi
4. Adanya tujuan yang diingini

2. Hubungan administrasi dengan kepemimpinan
Sebagaimana yang sudah dikemukakan pada bagian terdahulu, kepemimpinan merupakan bagian yang dapat dipisahkan dari administrasi. Bagaimana hubungan antara kedua hal tersebut dapat ditinjau dari ruang lingkup/luas lingkungannya dan dari proses fungsinya seperti digambarkan dibawah ini.
• Hubungan kepemimpinan dan adminisrasi dari luas lingkupnya.
• Hubungan kepemimpinan dan manajemen/administrasi ditinjau dari prosesnya

3. Factor-faktor yang menentukan perilaku kepemimpinan pendidikan
Perilaku seseorang pemimpin pendidikan dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya dipenggaruhi oleh banyak factor. Factor-faktor tersebut dapat dikelompokkan pada:
• factor-faktor yang berasal dari pemimpin itu sendiri
• factor-faktor yang berasal dari kelompok yang dipimpin
• factor lembaga/organisasi yang dipimpin
• factor-faktor legal
• factor lingkungan social
• factor perubahan-perubahan dan pembaharuan dalam teori atau bidang pendidikan seperti perubahan kurikulum, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, perubahan-perubahan teori belajar dan sebagainya akan mempenggaruhi perilaku seseorang pemimpin pendidikan.

4. Fungsi kepemimpinan pendidikan
Dalam kehidupan organisasi termasuk organisasi pendidikan, fungsi kepemimpinan adalah hal penting yang harus dilaksanakan seseorang pimpinannya menurut wahjosumudjo (1999) fungsi kepemimpinan dapat dikelompokkan menjadi empat,yaitu:
• mendefenisikan misi dan peranan organisasi
• mewujudkan tujuan organisasi
• mempertahankan tujuan organisasi
• mengendalikan konflik internal yang terjadi didalam organisasi
Sehubungan fungsi kepemimpinan ini Burhanuddin (1994),mengelompokkannya menjadi 3 yaitu :
• fungsi yang bertalian dengan tujuan yang akan dicapai
• fungsi yang berkaitan dengan pengarahan,pelaksanaan setiap kegiatan,dalam rangka mencapai tujuan kelompok
• fungsi yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan suasana kerja yang menyenangkan

5. Gaya kepemimpinan kependidikan
Gaya kepemimipinan kependidikan adalah pola perilaku pemimpindalm melaksanakan tugas atau fungsi-fungsi kepemimpinan atau mempengaruhi para anggota organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Ditinjau dari perilaku pemimpin menurut hasil penelitian unversitas OHIO dan unversitas Michigan ecara umum juga mengelompokkan dasar kepemimpinan mejadi dua ,yaitu :
• Gaya kepemimpian yang berorientasi pada tugas
• Gaya kepemimpinan yang berorientasi pada manusia atau bawahan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar